Lavender

written by sunflowinter ©2022

❗ non-baku ❗

.

Jam 9 di minggu pagi, Nazuan sedang berbenah di kamar tapi mendadak emosi karna lupa naroh kemeja, dia keluar dan nyari di pengering mesin cuci; nggak ada. Di tali jemuran; nggak ada juga.

Di ruang tamu ada Nazuwa, kakaknya, yang lagi dandan. “Bade kamana, Teh?”

Perempuan itu noleh secara sumringah. “Nggak kemana-mana.”

“Kok tumben pake baju itu?”

Ekspresi Nazuwa yang tadinya cerah seketika berubah sedih. “Ya emang kenapa, Ju…. Masa kudu dasteran teruuusss.”

Gimana ya, emang aneh aja sih kalo tetehnya tiba-tiba pakai setelan glamor gitu karna biasanya cuma dasteran sebagai outfit kesayangan, sampe punya ciri khas ‘kalo gak dasteran berarti bukan tetehnya Juju’.

“Kamu sendiri mau ke mana?”

“Mau les. Tapi aku nyari kemejaku yang biru kotak-kotak itu. Nuju dimana?

“Tumben lesnya pagi,” kata Nazuwa. “Pake itu aja udah bagus, kok.”

“Nggak sopan atuh, Teh, masa cuman kaosan sama jeans?”

“Yaudah pake jaket.”

“Nggak mau, bosen jaketan.”

Nazuwa mengernyit karna tumben adeknya jadi rewel perkara sandangan.

“Di kamar belakang keknya, tapi belom tak setrika,” jawab Nazuwa setengah curiga. “Beneran mau les? Jujur aja sih kalo mau pacaran. Kamu udah kelas 2 SMA.”

Nazuan malah melengos yang bikin kakaknya makin yakin kalo pasti terjadi sesuatu.

Pas Nazuan pergi ke kamar belakang, buat nyari kemeja di arena khusus penumpukan baju-baju yang kering abis dijemur, dia nggak tau kalo ada perempuan yang rumahnya jauh di sana, rela nyusul ke kediamannya di Blok D saking lamanya nunggu di tempat janjian.

Nazuwa jelas yang membukakan pintu.

Ada cewek cantik banget tapi juga TINGGI BANGET.

Masih tinggian Nazuan tapi dia termasuk menjulang buat ukuran cewek.

Seingat Nazuwa, Sabina dan Jihan (selaku teman cewek Nazuan yang pernah main ke rumah) mukanya nggak begini. Manis dan charming banget, mana ponian dan rambutnya lurus panjang.

“Selamat pagi, Kak. Juju ada?”

‘JUJU’?

Nggak bohong kalo Nazuwa kaget, soalnya Juju itu panggilan khusus Nazuan di komplek. Di sekolah atau di tempat lain mentok-mentok nyebut Juan. Pokoknya kalo udah ada di level ‘Juju’ pasti selalu tersirat hubungan tertentu.

“Ada. Kamu temennya Juju?” Nazuwa nggak bisa nahan senyum karna aura cewek ini cerah banget.

“Iya. Saya temen SD-nya dulu. Minggu kmaren ketemu lagi lewat instagram, terus Juju ngajak ketemuan. Hehe.”

“Berarti, ini temen merangkap gebetannya Juju gitu, ya?”

“Lala!” Nazuwa dan cewek yang dipanggil Lala itu sontak menoleh serempak. Ada Nazuan yang terbalut sweater biru laut (nggak jadi pakai kemeja karna males setrika) datang dengan muka merona. “Kamu aku suruh nungguin di pos. Kok udah sampe sini?”

“Abisnya kamu lama. Promoan di timezone bakal abis jam 10 nanti,” jawab Lala.

“Terus kamu tau rumahku dari mana?”

“Aku nanya-nanya sama orang sini. Mereka semua baik. Tadi aku malah mau dikasih cireng sama anak kecil yang duduk di depan warung rujak.”

Wah ini pasti Rigel Kinaros yang dimaksud.

“Oh, mau les di timezone?” tanggap Nazuwa. “Tapi jahat pula suruh dia nungguin di pos. Tiati kualat kamu, Ju.”

Nazuan makin bersemu dan mendekati Lala, keknya mau buru-buru cabut biar nggak makin di ceng-cengin.

Tong kitu atuh, Teh..”

“Lah gimana sih? Kamu udah gede ya nggak papa dong? Apalagi Lala cantik gemesin gini teteh juga suka tauk! Sana pacarin!”

“Namanya Lavender. Lala itu nama panggilanku buat dia.”

“Buseeeet, curang banget kamu belom macarin udah ada nickname.”

Lala yang culture shock cuman mesam-mesem aja. Dia selama ini ngira Tetehnya Nazuan itu sifatnya lembut dan elegan mirip Nazuan, eh ternyata beda jauh ya. Terlalu jauh malah.

“Tapi, sama Sabina gimana? Jihan juga?”

Nazuan menggeleng tegas. “Jangan bilang gitu nanti nggak jadi sama Lala.”

Nazuwa udah mau histeris. Di next life dia tetep pengen jadi tetehnya Nazuan soalnya bangga banget punya adek kayak gini selain pandai mengambil hati guru-guru juga jago menggaet cewek.

“Aku sama Lala berangkat dulu.” Mereka nggak gandengan tapi Nazuwa tau Nazuan curi-curi banget biar bisa tetep deketan sama gebetannya. “Lala, mulai sekarang panggilnya Teteh Juwa, ya? Terus kalo mau main kesini bilang aja nanti langsung aku jemput. Tetehku seneng ada temen baru.”

“Kamunya juga seneng, kan, Ju?” sahut Nazuwa.

“Iyalah, pake nanya.”

Lala cuma pasang ekspresi ‘apa-apaan ini!?’. Tapi enak sih dia jadi nggak perlu usaha buat ngambil hati Nazuwa demi bisa pacaran sama adeknya, hehe.

Sumpah Nazuwa nggak bisa berenti cengar-cengir daritadi, bahkan sampe Nazuan dan Lala sudah menghilang pun tetep rasanya Nazuwa jadi teteh paling bahagia sedunia. Karna selama ini Nazuan tuh jarang ceritain love life-nya, kecuali Jihan karna dulu pernah ketauan ngegebet tapi nggak tau sekarang gimana kelanjutannya? Mungkin nggak jadi pacaran karna Jihan dan Nazuan tipe yang sama-sama ambis perkara sekolah. Meski saling naksir tapi pasti mereka lebih mementingkan nilai, alias nggak ada yang mau memulai.

Sabina?

Denger-denger sih Nazuan cinta bertepuk sebelah tangan sama dia. Cantik banget kayak bule, adeknya Kaisar, bukan anak komplek sini tapi mereka berteman deket gara-gara dikenalin Yehezkiel. Dan karna temen cowok Sabina banyak bikin Nazuan jadi maju-mundur mau naksir.

Yaaah begitulah.

Makanya Nazuwa seneng banget Nazuan ada keterbukaan tentang hal-hal diluar kebiasaan gini, biar bisa refreshing dan nggak melulu mikirin tugas, les, olimpiade, blablabla.

Apa gunanya masa SMA tanpa cinta-cintaan, kan?

Nazuwa duduk lagi dan lanjut dandan di sofa. Dia nggak tau kapan terakhir kali terlihat cantik meski cuman lewat cermin. Omong-omong, ngeliat Nazuan jadi bikin dia iri pengen punya gandengan juga.

Tapi ayo dong, Nazuwa pengen sekali-kali nggak dideketin jamet yang sifatnya modelan Jendra atau Yehezkiel. Yang upgrade dikit kek minim mukanya mirip Taeyong NCT gitu lah.

“Kalo abis ini ada yang ngetuk pintu, berarti dia jodoh gue,” Nazuwa bergumam. “Tapi kalo dia Pak RT , skip aja. Lebih-lebih, kalo dia JEJEN GIMANA???”

Tok tok tok.

Sumpah demi Yehezkiel yang jarang mandi, Nazuwa tuh iseng ngomong barusan. Kenapa jadi ada yang ngetuk beneran?

Omongan adalah doa.

Tapi jadi takut misal gerangan adalah Pak RT atau Jendra sebagai oknum yang paling sering mampir ke rumah.

Dibukanya pelan-pelan itu pintu, meresapi perasaan dugeun-dugeun yang nggak jelas datang dari mana, diulangnya kalimat ‘tadi cuman iseng, tadi cuman iseng, tadi cuman iseng’ di dalam hati, dan ketika pintu sudah sepenuhnya terbuka, Nazuwa tremor banget sampe rasanya pengen acak-acak Bandung.

“Sendhyka?”

“Hei.”

fin.

Liz from IVE